Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid apakah berbahaya, kelenjar tiroid atau gondok,kelenjar tiroid apa bisa sembuh, kelenjar tiroid anak, kelenjar tiroid ada 3 macam, kelenjar tiroid apakah menular, kelenjar tiroid beracun, kelenjar tiroid berbahaya, kelenjar tiroid bahaya atau tidak, kelenjar tiroid bermasalah, kelenjar tiroid cara mengobati.

Kelenjar tiroid adalah salah satu dari kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia. Kelenjar ini dapat ditemui di bagian depan leher, sedikit di bawah laring. Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya. 

kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid dapat distimulasi dan menjadi lebih besar oleh epoprostenol.

Tiroid mengeluarkan dua hormon penting, yaitu:

  • Triiodotironin
  • Tiroksin

Triodotironin dan Tiroksin mengatur laju metabolisme dengan cara mengalir bersama darah dan memicu sel untuk mengubah lebih banyak glukosa.


Bagian dari sistem endokrin dan bertanggung jawab untuk memproduksi dan melepaskan hormon tiroid ke dalam aliran darah. Karya seni dibawah menunjukkan lokasi kelenjar tiroid di leher, di depan tenggorokan.


Jika Tiroid mengeluarkan terlalu sedikit Triodotironin dan Tiroksin (Hipotiridisme), maka tubuh akan merasa kedinginan, letih, kulit mengering dan berat badan bertambah. Sebaliknya jika terlalu banyak (Hipertiroidisme), tubuh akan berkeringat, merasa gelisah, tidak bisa diam dan berat badan akan berkurang.

Sidik Kelenjar Tiroid


Sidik Kelenjar Tiroid atau Thyroid Scan menggunakan sumber radiasi terbuka yang mengandung sinar gamma dosis sangat rendah dan waktu paruh yang pendek yang relatif aman dengan peralatan penangkap gelombang sinar gamma SPECT.

Postingan Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kelenjar Tiroid"

Post a Comment