Tips Merawat dan Menjaga Kaki Indah

Tip kaki indah, tips kaki indah dan jenjang ala snsd, tips kaki indah snsd, tips kaki indah ala korea, tips kaki indah artis korea, tips kaki indah ala artis korea,tips kaki indah dan seksi, tips kaki indah ala snsd,tips merawat kaki agar indah,tips agar kaki terlihat indah, tips memiliki kaki yang indah, tips mendapatkan kaki yang indah.

Kuku adalah bagian tubuh binatang yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Kuku adalah bagian dari tulang bukan protein.


Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit. Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata 0,5 - 1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas tubuh. Nutrisi yang baik sangat penting bagi pertumbuhan kuku. Sebaliknya, kalau kekurangan gizi atau menderita anoreksia nervosa, pertumbuhan kuku sangat lamban dan rapuh.


tips merawat dan menjaga kaki indah


Seperti kita ketahui kuku jempol kaki pada sebagian orang ada yang lebar dan besar, ada yang kecil dan ceper. Hal ini dipengaruhi oleh besar kecilnya jempol kaki. Jempol yang besar kukunya cenderung melengkung cembung dan membentuk kurva. Sedangkan jempol kaki yang kecil kukunya cenderung ceper dan lurus. Posisi kuku jempol yang ceper dan lurus bisa dibilang diatas permukaan kulit  dari samping jempol kaki. Sehingga kuku jempol yang model ceper seperti ini kemungkinan untuk terjadi infeksi sangat kecil. Semakin melengkung kuku jempol kaki semakin rentan dengan masalah-masalah kuku kaki jempol :


Kuku jempol  kaki yang melengkung akan menyimpan lebih banyak kotoran kaki dibawah kuku. Kotoran dibawah kuku yang sudah lama dan  terinfeksi dan berwarna hitam.


Jika tidak dibersihkan secara rutin dan berkala kotoran hitam akan menimbulkan bau yang menyengat. Hal ini akan mempercepat tumbuhnya bakteri dan jamur. Perkembang biakan bakteri dan jamur  menyebabkan datangnya kutu air, infeksi dll.


Jika kulit jempol di samping bawah kuku terluka akibat salah menggunakan alat dalam membersihkan kotoran, maka akan menimbulkan infeksi dengan rasa sakit yang serius. Biasanya infeksi akan menimbulkan bengkak dan nanah, tak jarang membuat kita sampai demam, beberapa tips untuk mengatasinya antara lain :


  • Rutin Memijat kaki setelah beraktifitas lama, untuk memijat kaki secara rutin gunakanlah minyak esensial yang kita sukai. Bisa dilakukan sendiri dirumah atau di tempat refleksi. Dengan memijat menggunakan minyak esensial akan membuat kaki sehat dan berkilau.
    • Menggunakan Buah Lemon, segarkanlah kaki yang lelah dengan menggunakan air dingin yang telah diberi perasan lemon dan minyak esensial. Gunakanlah minyak esensial mint agar memberi rasa dingin sampai ke dalam otot-otot kaki. Rendamlah kaki selama 15 menit.
      • Bersepeda, bersepeda dapat menjadikan kaki kita lebih kuat dan indah alias langsing. Apabila rajin bersepeda otomatis otot kaki kita menjadi lebih kuat dan lemak pada kaki dan betis akan menghilang. Juga akan menghindarkan kita dari masalah varises.


        Setelah memiliki otot serta kulit kaki yang indah dan menarik, saatnya mulai memperhatikan bagian satu ini yang terkadang membuat kita sering tidak percaya diri untuk menggunakan sandal atau alas kaki yang memperlihatkan kuku kaki karena keluhan kuku kaki yang rusak, tidak bersih bahkan berjamur.


        Salah satu masalah kulit yang banyak ditakuti para cewe adalah jamur. Bayangkan bila jamur muncul di jari bahkan kuku tangan atau kaki kita. Bukan hanya rasanya tak nyaman, tapi juga akan mengganggu penampilan. Jamur kuku merupakan masalah yang cukup banyak terjadi. Jamur kuku disebabkan oleh jamur jenis dermatophytes lebih sering muncul di jari kaki karena kaki sering ditutup, sehingga membuatnya lembap. Kondisi ini tentu menguntungkan bagi jamur.


        Tanda-tanda jamur tengah "menjajah jari" kita adalah warna kuku tangan atau kaki berubah menjadi cokelat sampai kehitaman. Kuku juga jadi tampak lebih tebal dari biasanya. Ciri lainnya, jari atau kuku terasa sangat gatal. Bila kita mengalami satu atau seluruh tanda-tanda itu, segera atasi dengan cara-cara alami berikut yakni ;

        • Rendam kuku yang gatal dalam wadah berisi cuka. Bisa juga dengan menuang cuka ke dalam botol semprot, lalu semprotkan ke jari yang terkena jamur. Biarkan selama beberapa menit, jangan digaruk. Setelah itu cuci dengan air bersih dan biarkan kering. Tingkat keasaman cuka terbukti mampu meringankan gatal yang ditimbulkan jamur.
          • Oleskan tea tree oil. Pastikan jari tangan dan kaki sudah dibersihkan dan dikeringkan sebelumnya. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dan keringkan. Tea tree oil mengandung senyawa yang disebut terpenoid, yang mempunyai sifat antiseptik dan antijamur.
            • Rendam dalam obat kumur. Umumnya, obat kumur mengandung thymoleucalyptol, dan salicylate. Semua unsur itu ternyata efektif untuk membunuh bakteri dan jamur. Bersihkan dan keringkan kuku, lalu rendam dalam cairan obat kumur. Bisa juga dengan menyemprotkannya. Biarkan selama 10 menit, lalu cuci dan keringkan.
              • Olesi jari atau kuku yang gatal dengan campuran 1 sdm minyak zaitun dan 2 tetes minyak esensial oregano. Oregano punya sifat antijamur, analgesik, antiseptik, dan antibakteri, membuatnya ideal untuk mengobati infeksi.

                  Terima kasih sudah membaca artikel tentang tips merawat dan menjaga kaki indah semoga bermanfaat dan jangan lupa berkomentar dikolom bagian bawah.

                  Postingan Terkait:

                  Belum ada tanggapan untuk "Tips Merawat dan Menjaga Kaki Indah"

                  Post a Comment