Buang Air Besar

Buang air besar berdarah, buang air besar keras, buang air besar berwarna hijau, buang air besar berwarna hitam, buang air besar tidak lancar, buang air besar cair, buang air besar berlendir, buang air besar pada bayi, buang air besar ada darahnya, buang air besar berdarah saat hamil, buang air besar ada darah.

Buang air besar (biasanya disingkat menjadi BAB) atau defekasi adalah suatu tindakan atau proses makhluk hidup untuk membuang kotoran atau tinja yang padat atau setengah-padat yang berasal dari sistem yang di cernaan mahkluk hidup pada umumnya. Manusia bahkan dapat melakukan buang air besar beberapa kali dalam satu hari atau satu kali dalam beberapa hari. Bahkan dapat mengalami gangguan yaitu hingga hanya beberapa kali saja dalam satu minggu atau dapat berkali-kali dalam satu hari, biasanya gangguan-gangguan tersebut diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak menentu dan jika dibiarkan dapat menjadi masalah yang lebih besar bahkan mematikan.


buang air besar



Susah Buang Air Besar disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat serta kurangnya konsumsi buah dan sayur yang mengandung serat . Sayur serta buah mengandung serat sangat membantu dalam proses pencernaan. Kebiasaan menahan keinginan buang air besar, asupan cairan yang kurang (normalnya minimal 1,5 liter per hari). Cemas yang kronik sehingga mempengaruhi kerja otot secara keseluruhan dan menurunkan pergerakan daripada usus. Sering mengkonsumsi obat-obatan , seperti Obat Maag yang mengandung aluminium atau kalsium , Antikolinergik atau obat yang mengandung efek antikolinergik seperti anti depressant , Obat anti nyeri, dll. Penggunaan narkoba terutama jenis morfin dan turunannya yang merupakan faktor susahnya buang air besar.



Gejala Susah BAB  yang harus anda waspadai : Sakit di sekitar anus Pada Saat Buang Air Besar. Kesulitan buang air besar , yang ditandai dengan harus mengejan. Bentuk feses kecil , kering dan keras. Perut kembung dan berasa tidak enak. Banyak gas terkumpul di usus dan sering kentut. Berubahnya pola Buang air besar. Penderita juga terkadang merasa sakit kepala, sering kentut, dan tidak nafsu makan.

Postingan Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Buang Air Besar"

Post a Comment