Berenang

Berenang saat haid, berenang gaya bebas, berenang saat haid menurut islam, berenang saat hamil, berenang di laut, berenang di pantai, berenang gaya katak, berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air disebut gaya,berenang untuk ibu hamil, berenang gaya punggung, berenang gaya dada.

Berenang adalah gerakan sewaktu di air. Berenang biasanya dilakukan tanpa perlengkapan buatan. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk rekreasi dan olahraga. Berenang dipakai sewaktu bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya di air, mencari ikan, mandi, atau melakukan olahraga air.

Berenang untuk keperluan rekreasi dan kompetisi dilakukan di kolam renang. Manusia juga berenang di sungai, danau, dan laut sebagai bentuk rekreasi. Olahraga renang membuat tubuh sehat karena hampir semua otot tubuh dipakai sewaktu berenang.


Berenang itu banyak manfaatnya lho sobat. Awalnya saya gak bisa berenang sama sekali, sampai akhirnya tahun lalu memutuskan untuk ngambil kursus renang. Bagi sobat yang mau mulai belajar berenang, postingan kali ini saya mau membagikan mengenai tips cara mudah belajar berenang bagi pemula dengan menerapkan beberapa teknik di bawah ini:


berenang


1. Belajar Pernafasan Dalam Air


Sebelum mulai berenang pastikan udah pemanasan dulu ya. Selanjutnya kalau udah masuk kolam, hal pertama yang perlu dilakukan pemula adalah mengatur nafas dalam air. Caranya ambil nafas yang panjang, lalu masukkan semua badan ke dalam kolam. Tahan nafas sambil hitung (dalam hati) berapa detik sobat bisa nahan nafas dalam air. Oiya, di dalam air usahakan bikin bubble ya (keluarkan nafas sedikit demi sedikit melalui mulut or hidung). Karena ternyata kalau nahan nafas tanpa dikeluarin (bikin bubble) itu malah bikin kita ngos ngosan. Kalau hitungan nahan nafas di dalam air masih kurang dari 10 detik, ulangi lagi sampai bener bener nafasnya lancar ya (sekitar 15-20 detik). Belajar nafas ini penting menurut saya, karena entar pas udah renang beneran gak cepet capek atau ngos-ngosan.


2. Teknik Awal Meluncur


Untuk teknik awal meluncur ini, meluncur aja seperti biasa. Posisi berdiri (kalau kolamnya dalam) atau jongkok (kalau kolamnya dangkal), dengan kaki kanan ditempelkan di dinding kolam. Sedangkan kedua tangan sejajar ke depan. Untuk awal-awal, sobat hanya perlu meluncur aja, dengan menendang kaki dari dinding kolam tadi, dan meluncur ke depan tanpa menggunakan gaya apapun. Karena teknik ini cuman buat latihan, belum masuk ke teknik gaya renang. Pas meluncur di dalam air, pastikan kepala menghadap dasar kolam, dagu menyentuh leher dan posisi telinga sejajar dengan lengan. Lakukan teknik ini dalam sekali nafas dan pastikan selama di dalam air sambil bikin bubble seperti yang dijelaskan di poin 1 di atas. Kalau udah kerasa nafas mau habis, berhenti aja and ulang lagi dari awal :). Terus lakuin teknik ini berulang ulang sampai lancar.


3. Gaya Renang


Kalau no.1 dan 2 udah lancar, baru deh belajar gaya renang. Sepengetahuan saya sampai saat ini ada empat jenis gaya renang yaitu Gaya Katak/Gaya Dada, Gaya Kupu-kupu, Gaya Punggung dan Gaya Bebas. Yang paling susah dipelajari dan paling memakan banyak energi adalah gaya kupu-kupu. Sedangkan untuk pemula yang baru belajar berenang saya sarankan untuk mempelajari gaya katak terlebih dahulu. Entar kalau gaya katak udah bisa dan lancar, belajar gaya punggung dan gaya bebasnya jadi lebih gampang.

Postingan Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Berenang"

Post a Comment