makanan penambah darah untuk ibu hamil

Masa kehamilan adalah masa yang ditunggu-tunggu khususnya bagi pasangan yang segera mendambakan anak. Banyak perubahan yang terjadi pada masa kehamilan seperti bentuk tubuh sampai suplemen atau gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa ibu hamil mengalami keluhan seperti tubuh lemas, letih, dan kepala yang terasa pusing. Beberapa hal ini bisa menjadi indikasi bahwa ibu hamil sedang mengalami anemia atau kurang darah. Beberapa jenis makanan dapat membantu ibu hamil mengatasi anemia yang sedang dialami terutama di awal masa kehamilan. Berikut beberapa jenis makanan sehat penambah darah yang dapat dikonsumsi ibu hamil agar terhindar dari anemia.

makanan penambah darah untuk ibu hamil



Berikut ialah makanan penambah darah untuk ibu hamil



Buah-buahan


Buah yang dibutuhkan oleh ibu hamil yakni buah yang mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin C. Buah-buahan ini dapat melancarkan peredaran darah dan membantu mengatasi anemia contohnya semangka, melon, mangga, pepaya, alpukat, nanas, pisang.


Sayur-sayuran hijau


Sayuran adalah makanan sehat yang kaya serat baik untuk kesehatan khususnya bagi ibu hamil. Untuk itu, konsumsilah sayuran berserat setiap hari. Beberapa contoh makanan penambah darah ini di antaranya bayam, kacang merah, brokoli, sawi, kacang panjang, kentang, lobak, kacang polong hijau, dan sebagainya.


Wajib Baca :


Daging


Daging berperan menambah jumlah hamoghlobin dan zat besi dalam tubuh. Konsumsilah daging dalam porsi cukup dan seimbang .


Beras merah


Beras merah dapat membantu menurunkan kolesterol dan menghindari gangguan pencernaan. Selain itu, beras merah juga dapat membantu meningkatkan kadar hemoghlobin dalam tubuh sehingga efektif untuk membantu mencegah anemia.


Terima kasih telah membaca ulasan artikel tentang makanan penambah darah untuk ibu hamil, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Postingan Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "makanan penambah darah untuk ibu hamil"

Post a Comment