Apa Itu Penyakit Sinusitis

Penyakit sinusitis apakah berbahaya, penyakit sinusitis kronis, penyakit sinusitis hidung, penyakit sinusitis apa, penyakit sinusitis dan obatnya, penyakit sinusitis menyerang, penyakit sinusitis akut, penyakit sinusitis menyebabkan kematian, penyakit sinusitis menular atau tidak, penyakit sinusitis apakah menular, penyakit sinusitis atau polip.

Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Inflamasi ini sering kali disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Sinusitis termasuk penyakit umum yang bisa menjangkiti orang-orang pada segala umur.


Sinusitis, dikenal juga sebagai rhinosinusitis, adalah pembengkakan dari sinus (terdapat 6 sinus, 3 di kiri dan 3 di kanan). Dapat disebabkan oleh infeksi, alergi, atau masalah-masalah auto imunitas. Jika disebabkan oleh virus, biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam 10 hari. Hal ini merupakan suatu hal yang umum terjadi di daerah berhawa dingin (4 musim), dimana di Amerika Serikat terjadi 24-31 juta kasus sinusitis tiap tahunnya.


Sinusitis berasal dari akar bahasa Latinnya, akhiran umum dalam kedokteran itis berarti peradangan karena itu sinusitis adalah suatu peradangan sinus paranasal. Di sekitar rongga hidung terdapat empat sinus yaitu sinus maksilaris ( terletak di pipi) , sinus etmoidalis ( kedua mata) , sinus frontalis (terletak di dahi) dan sinus sfenoidalis ( terletak di belakang dahi).


Sinusitis adalah peradangan, atau pembengkakan, dari jaringan yang melapisi sinus. Biasanya sinus berisi udara, tetapi ketika sinus tersumbat dan berisi cairan, kuman (bakteri, virus, dan jamur) dapat berkembang dan menyebabkan infeksi.


apa itu penyakit sinusitis

 

Secara klinis sinusitis dibagi atas berbagai jenis



Sinusitis akut. Sebuah kondisi mendadak seperti gejala seperti pilek, hidung tersumbat dan nyeri wajah yang tidak hilang setelah 10 sampai 14 hari. Sinusitis akut biasanya berlangsung 4 minggu atau kurang.


Sinusitis subakut. Sebuah peradangan yang berlangsung 4 sampai 8 minggu.


Sinusitis kronis. Suatu kondisi yang ditandai dengan gejala radang sinus yang berlangsung 8 minggu atau lebih. 4. Sinusitis berulang: Beberapa serangan dalam setahun.

Postingan Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa Itu Penyakit Sinusitis"

Post a Comment