Cara Mengecilkan Perut Buncit

Mengecilkan perut buncit tanpa olahraga, mengecilkan perut buncit pada wanita secara alami, mengecilkan perut buncit dengan jeruk nipis, mengecilkan perut buncit dengan lemon, mengecilkan perut buncit dengan jahe, mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu, mengecilkan perut buncit pasca melahirkan, mengecilkan perut buncit dengan jeruk lemon, mengecilkan perut buncit pada pria, mengecilkan perut buncit dengan bahan alami.

Obesitas abdominal, dikenal juga sebagai perut buncit, atau secara klinis sebagai obesitas sentral, adalah kumpulan lemak abdominal berlebih yang terdapat di daerah abdomen. Obesitas abdominal berkaitan erat dengan penyakit kardiovaskular. Obesitas abdominal tidak hanya ditemukan pada orang tua dan penderita kegemukan. Selain itu, obesitas abdominal telah dikaitkan dengan penyakit Alzheimer serta penyakit metabolis dan vaskular lainnya.


Lemak visceral, dikenal pula sebagai lemak pelapis organ tubuh atau lemak intra-abdominal, terletak di dalam rongga peritoneum yang berada di antara organ dalam dan torso, berbeda dengan lemak subkutaneus yang berada di bawah kulit dan lemak intramuskuler yang berada di sela-sela otot rangka. Lemak visceral tersusun atas beberapa depot adiposa, meliputi mesenteris, jaringan adiposa berepididimis putih, dan lemak perirenal. Lebih lanjut, lemak visceral, abdominal sentral, dan ukuran lingkar pinggang menunjukkan hubungan yang kuat dengan penyakit diabetes tipe 2.


cara mengecilkan perut buncit


Para peneliti mulai fokus meneliti obesitas abdominal pada tahun 1980-an saat mereka menyadari bahwa obesitas tersebut memiliki kaitan penting dengan penyakit kardiovaskular, diabetes, dan dislipidemia. Obesitas abdominal berkaitan lebih erat dengan disfungsi metabolis penyebab penyakit kardiovaskular daripada obesitas biasa. Pada akhir tahun 1980-an dan awal 1990-an, ditemukan teknik pencitraan yang canggih sehingga membantu kemajuan pemahaman terhadap risiko kesehatan yang berhubungan dengan timbunan lemak tubuh. Teknologi tomografi terkomputerisasi dan pencitraan resonansi magnetis memungkinkan penggolongan massa jaringan adiposa yang berada di daerah abdomen menjadi lemak intra-abdominal dan lemak subkutaneus.


cara mengecilkan perut buncit

 


Bersihkan pola makan Anda. Coba pikir, mungkinkah Anda mendapat perut sixpack bila sepuluh potong gorengan sehari masih Anda sikat? You can’t outrun a bad diet, sekeras apapun Anda berlatih, bila pola makan Anda masih “berantakan,” tentu hasilnya takkan optimal. Batasi sumber protein yang berlemak tinggi atau digoreng, ganti sumber karbo menjadi karbo kompleks (misalkan nasi merah atau oatmeal), serta perbanyak sayur dan buah bisa menjadi langkah awal “pembersihan” pola makan Anda.


Bakarlah lemak berlebih dahulu. Sit up untuk membuang perut buncit? Anda salah strategi, bro! Perut Anda buncit akibat timbunan lemak berlebih, sementara sit up tidak ampuh untuk membakar lemak. Lebih baik, gunakan tenaga dan waktu Anda untuk membakar lemak via olahraga kardio. Jogging, bersepeda, atau berenang, bila dilakukan rutin dan intensitas yang tepat, bisa membakar lemak berlebih sekaligus melatih jantung Anda. Simak bocoran intensitas yang tepat di sini.


Namun, bila Anda termasuk eksekutif muda yang sibuk, High Intensity Interval Training (HIIT) bisa menjadi pilihan. Pola latihan ini membakar lemak sama efektifnya dengan olahraga kardio biasa. Walaupun begitu, bila Anda belum pernah berolahraga keras sebelumnya, hindari intensitas yang terlalu tinggi untuk mencegah cedera. Lebih lanjut tentang HIIT bisa Anda baca di sini.   


Skip sit ups, do these instead. Perut buncit Anda sudah terkikis? Waktu memahat sixpack telah tiba. Namun, jangan buru-buru melakukan sit up. Gerakan multijoint seperti squat atau pull up lebih efektif melatih otot perut dibanding gerakan isolasi seperti sit up.  Atau, jika Anda merasa perlu melatih otot perut secara spesifik, bicycle crunch jauh lebih efektif dibanding sit up.


Anda suka sepakbola atau basket? Good news, olahraga tersebut juga bisa mengguratkan sixpack di tubuh Anda. Olahraga sepakbola dan basket merupakan bentuk lain dari HIIT yang menjaga lemak tubuh Anda tidak berlebih. Tak hanya itu, aktivitas berlari dan melompat membutuhkan core yang kuat, sehingga sixpack Anda pasti akan terpahat. Pastikan saja Anda mengakhiri sesi olahraga Anda dengan segelas susu untuk memulihkan kembali otot yang kelelahan.


Perut rata dan sixpack bukan lagi impian, melainkan tujuan. Sudah siap melangkah untuk raih perut idaman?

Postingan Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengecilkan Perut Buncit"

Post a Comment